Tata Cara Bacaan dan Doa Sholat Mayit Lengkap

By
Berikut ini kami akan memberikan wawasan tentang tata cara, bacaan, dan Doa Sholat Mayit Lengkap beserta artinya dan latin. Sholat mayit atau sholat jenazah adalah sholat yang dilakukan ketika ada muslim atau muslimah yang meninggal dunia. Sholat mayit hukumnya adalah fardhu kifayah. Berarti sholat jenazah ini wajib dikerjakan oleh sebagian muslimin yang berada disekitar tempat meninggal dunia.
Jika tidak ada seorang pun yang melaksanakan sholat mayit maka semua masyarakat yang berada ditempat tersebut akan mendapatkan dosa. Namun jika ada orang melaksanakan sholat mayit, maka gugurlah kewajiban untuk melaksanakan sholat mayit tersebut.
Meskipun kita jarang melaksanakan sholat mayit atau shalat jenazah, tidak ada salahnya kita untuk mengingat kembali bacaan sholat mayit dan doa sholat mayit. Hal ini untuk mencegah kita lupa bacaan karena memang sangat jarang dilaksanakn. Sholat janazah ini sebaiknya dilaksakan secara berjamaah walaupun dapat dilakukan secara mufarid.

Tata Cara Sholat Mayit Lengkap

Rukun, syarat, dan panduan tata cara sholat mayit atau sholat jenazah berikut ini sudah kami rangkum dan dilengkapi dengan dalil hadits dari Nabi Muhammad SAW. Rukun shalat jenazah terdiri dari 8 rukun. Cara Shalat mayit ini berbeda seperti shalat pada biasanya karena tidak memakai ruku', sujud, i'tidal dan tahiyyat. Sholat ini dikerjakan hanya dengan 4 takbir dan 2 salam, yang dilakukan dalam keadaan berdiri.

Rukun Sholat Mayit

Sholat mayit memiliki 8 rukun, yaitu :
  1. Niat
  2. Berdiri Bila Mampu
  3. Takbir 4 kali
  4. Membaca Surat Al-Fatihah
  5. Membaca Shalawat kepada Rasulullah SAW
  6. Doa Untuk Jenazah
  7. Doa Setelah Takbir Keempat
  8. Salam 
Baca Juga : Tata Cara Sholat Dhuha dan Bacaannya Lengkap
Berikut adalah penjelasan tata cara sholat mayit lengkap berserta bacaan latin dan artinya.

1. Niat Sholat Mayit

Setiap sholat dan ibadah didalam agama islam kalaunya tidak ada niat dianggap tidak sah, termasuk juga melakukan sholat mayit. Niat sholat mayit dalam hati dengan tekad dan secara sengaja melakukan shalat jenazah tersebut saat ini semata-mata melakukan ibadah karena Allah SWT. Lafadz niat sholat mayyit tersebut adalah sebagai berikut.
Niat bagi mayit laki-laki:
"USHALLI 'ALAA HAADZAL MAYYITI ARBA'A TAKBIRATIN FARDLAL KIFAAYATIN MAKMUUMAN/IMAAMAN LILLAAHI TA’AALAA."
Niat bagi mayit perempuan:
"USHALLI 'ALAA HAADZIHIL MAYYITI ARBA'A TAKBIRATIN FARDLAL KIFAAYATIN MAKMUUMAN/IMAAMAN LILLAAHI TA'AALAA "
Artinya:
"Aku niat shalat atas mayit ini empat takbir fardhu kifayah sebagai makmum/imam karena Allah taala"
Penglafadzan niat tersebut sesuai dengan surah Al-Bayyinah ayat 5 yang artinya.
"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah SWT dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam agama yang lurus, dan supaya mereka menndirikan sholat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang luru." (QS. Al Bayyinah:5)
Selain itu juga ada hadits Rasulullah SAW dari Ibnu Umar ra. Rasulullah SAW bersabda :
"Sesungguhnya setiap amal itu tergantung dari niatnya. Setiap orang mendapatkan sesuai niatnya". (HR. Muttafaq Alaihi)

2. Berdiri

Shalat mayit dilakukan dengan cara berdiri jika orang tersebut mampu untuk berdiri dan boleh duduk jika tidak mampu untuk berdiri. Tidak sah shalatnya jika sambil duduk atau diatas kendaraan (hewan tunggangan).

3. Takbir 4 kali

Dalam Hadits Jabir menceritakan bagaimana tata cara sholat mayit Nabi Muhammad SAW. "Dari Jabir ra bahwa Rasulullah SAW menyolatkan mayit Raja Najasyi (shalat ghaib) dan beliau takbir 4 kali". (HR. Bukhari : 1245, Muslim 952 dan Ahmad 3:355). Najasyi dikabarkan memeluk agama islam ketika mendengar berita kerasulan Nabi Muhammad SAW, setelah sebelumnya ia adalah seorang nasrani yang taat.

a. Takbir pertama

Pada takbir pertama kita diwajibkan untuk membaca surah AL Fatihah. Sebagaimana sholat biasanya, surah Al-fatihah merupakan surah yang wajib untuk dibaca. Setelah membaca surah Al fatihah pada takbir pertama dilanjutkan takbir kedua. Menurut qoul ulama fiqih yang shahih, membaca Al Fatihah dalam sholat mayit tidak diawali bacaan iftitah dan juga tidak dilanjutkan surat pendek setelahnya, seperti halnya shalat pada biasanya. Namun disunatkan untuk membaca ta'awwudz terlebih dahulu sebelum membaca surah Al-Fatihah.

b. Takbir kedua

Setelah selesai membaca surah Al Fatihah, kemudian takbir seperti halnya takbiratul ihram. Bacaan setelah takbir kedua adalah shalat kepada Nabi Muhammad SAW. Berikut bacaan takbir kedua sholat mayit.

ALLAAHUMMA SHALLI'ALAA MUHAMMADIN, WA 'ALAA AALI MUHAMMADIN, KAMAA SHALLAITA 'ALAA IBRAAHIIMA, WA 'ALAA AALI IBRAAHIIMA. WA BAARIK 'ALAA MUHAMMADIN, WA 'ALAA AALI MUHAMMADIN, KAMAA BAARAKTA 'ALAA IBRAAHIIMA, WA 'ALAA AALI IBRAAHIIMA. FIL 'AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.
Artinya :
Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

c. Takbir ketiga

Setelah membaca sholawat pada takbir kedua tersebut, kembali melakukan takbir untuk yang ketiga kemudian membaca doa seperti dibawah ini. Bacaan doa sholat mayit ini khusus untuk jenazah laki-laki.
ALLAAHUMMAGHFIRLAHUU, WARHAMHUU, WA 'AAFIHII, WA'FU 'ANHUU, WA AKRIM NUZUULAHUU, WA WASSI' MADKHALAHUU, WAGHSILHU BIMAA-IN WATSALJIN WABARADIN, WANAQQIHII MINAL KHATHAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYADHU MINADDANASI, WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHII, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHII, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHII, WAQIHI FITNATAL QABRI WA 'ADZAABANNAAR.
Artinya :
"Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan istri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka."
Apabila untuk mayit perempuan, maka doa sholat mayit jenazah perempuan adalah sebagai berikut :
ALLAAHUMMAGHFIRLAHAA, WARHAMHAA, WA 'AAFIHAA, WA'FU 'ANHAA, WA AKRIM NUZUULAHAA, WA WASSI' MADKHALAHAA, WAGHSILHAA BIMAA-IN WATSALJIN WABARADIN, WANAQQIHAA MINAL KHATHAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYADHU MINADDANASI, WA ABDILHAA DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHAA, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHAA, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHAA, WAQIHAA FITNATAL QABRI WA 'ADZAABANNAAR.
Artinya :
Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah suaminya dengan suami yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.
Membaca do'a untuk mayit ketika sholat mayit tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :
"Bila kalian menyalati jenazah, maka murnikanlah doa untuknya." (HR. Abu Daud : 3199 dan Ibnu Majah : 1947).
Diantara lafaz doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut :
"ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU, WA’AAFIHI WA’FU ‘ANHU, WA AKRIM NUZULAHU, WA WASSI’ MADKHALAHU, WAGHSILHU BIL-MA’I WATSTSALJI WAL-BARADI."

d. Takbir keempat

Setelah doa pada takbir ketiga tersebut maka pada takbir ke empat membaca doa seperti dibawah ini. Berikut adalah untuk jenazah laki-laki.
ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHUU, WALAA TAFTINNAA BA'DAHUU

Berikut adalah bacaan doa sholat mayit perempuan.
ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHAA, WALAA TAFTINNAA BA'DAHAA
Artinya :
Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.

4. Salam

Setelah membaca doa tersebut maka lanjut takbir ke lima, dan dilanjutkan dengan salam menoleh kiri dan kanan sembari membaca salam sebagai berikut.
ASSALAAMU 'ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WA BARAKAATUH
Artinya :
Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua
Dari bacaan tersebut Anda bisa melihat dalam kita Syarah Kaasyifatus Sajaa hal 104-105 dan kitab Nihaayatuz Zaini hal 157-158 karya Syaikh Nawawi Al Bantani.

Bacaan Doa Setelah Sholat Mayit

Adapun doa yang dibaca setelah sholat jenazah, berbeda pendapat. Ada yang berpendapat setelah salam membaca Al Fatihah lalu berdoa yang dipimpin imam dan makmum mengaamiini, ada juga yang berpendapat mentidakusahkan membaca doa sholat mayit, karena sudah dibaca dalam sholat mayit. Hal ini kembali lagi kepada keyakinan kita masing-masing, tidak perlu untuk diperdebatkan karena asal muasal hukum doa adalah sunah, boleh dikerjakan dan tidak usah dikerjakan jika tidak perlu untuk didoakan lagi.
Demikian artikel tentang Tata Cara Bacaan dan Doa Sholat Mayit Lengkap jangan lupa untuk bagikan artikel ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita dan selalu berada dijalan Agama Allah SWT, dan terhindar dari marabahaya. Semoga kita dapat mengambil manfaat dari meninggalnya seseorang yang berada dilingkungan kita, salah satunya adalah untuk menambah amalan kita untuk selalu berada dijalan Allah SWT dan mendapatkan Rahmat Allah SWT ketika kita sudah meninggal dunia nanti. Aamiin.